Jajak Pendapat
Apakah Informasi yang tersaji pada Website Kantor Camat Denpasar Utara, bermanfaat bagi Anda?
Profil

Gambaran Umum Kecamatan Denpasar Utara



 

 KECAMATAN DENPASAR UTARA
 

Kecamatan Denpasar Utara merupakan satu kecamatan dari 4 (empat) Kecamatan yang ada di Wilayah Kota Denpasar . Kecamatan Denpasar Utara dari segi Geografis terletak disisi utara Kota Denpasar dengan luas wilayah : 3.302,148 Ha, yang terdiri dari tanah sawah (765 Ha), tanah kering (1.342,668 Ha), tanah untuk fasilitas umum (Kantor, lapangan dan lainnya: 327,91 Ha) dan lain-lain dengan batas wilayah sebagai berikut :

Sebelah utara        : Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung

Sebelah selatan     : Kecamatan Denpasar Barat

Sebelah timur         : Kecamatan Denpasar Timur

Sebelah barat         : Kecamatan Denpasar Selatan

Kondisi ketinggian geografis berada < 500 dari permukaan laut, dan sebagian besar merupakan wilayah pertanian, permukiman dan industri (jasa perdagangan). Gambaran letak, status, ketinggian serta klasifikasi Kelurahan/Desa dapat dilihat dari tabel berikut:

Letak, Status Ketinggian serta Klasifikasi Desa di Kecamatan Denpasar Utara

 

Kelurahan/Desa

Letak Desa

Status Desa

Ketinggian dari permukaan laut

Klasifikasi desa

Pantai

Non Pantai

Kota

Pedesaan

< 500

Swa Sembada

Pemecutan Kaja

-

1

1

-

1

1

Dauh Puri Kaja

-

1

1

-

1

1

Ubung Kaja

-

1

1

-

1

1

Ubung

-

1

1

-

1

1

Peguyangan

-

1

1

-

1

1

Peguyangan Kaja

-

1

1

-

1

1

Peguyangan Kaja

-

1

1

-

1

1

Tonja

-

1

1

-

1

1

Dangin Puri Kaja

-

1

1

-

1

1

Dangin Puri kauh

-

1

1

-

1

1

Dangin Puri Kaja

-

1

1

-

1

1

 

Kecamatan Denpasar Utara memiliki 11 Desa/Kelurahan meliputi 3 Kelurahan yaitu Kelurahan Ubung, Kelurahan Tonja, dan Kelurahan Peguyangan dan 8 Desa meliputi : Desa Ubung Kaja, Desa Peguyangan Kaja, Desa Peguyangan Kaja, Desa Dauh Puri Kaja, Desa Pemecutan Kaja, Desa Dangin Puri Kaja, Desa Dangin Puri Kaja, dan Desa Dangin Puri Kauh. Jumlah Penduduk Kecamatan Denpasar Utara ini mencapai 127628  jiwa, dengan mata pencaharian penduduknya sebagai petani, pengrajin, pedagang, jasa, PNS, buruh dan lain-lain. Peran serta dan dukungan dari pemerintah dan masyarakat desa sangat baik, ini terbukti dari berbagai prestasi yang telah dicapai oleh Desa-desa yang ada di wilayah Kecamatan Denpasar Utara diantaranya lomba Desa dan 10 Program Pokok PKK Tingkat Propinsi, Lomba UKS Tingkat SMP, Lomba Sekaa Teruna dan lain-lain.

Berbagai prestasi dan keberhasilan yang diperoleh tidak terlepas dari terjalinnya kerjasama dan komunikasi yang baik dari Pemerintah Kecamatan Denpasar Utara dengan Pemerintah Kelurahan/Desa serta Instansi lintas sektor yang ada di wilayah Kecamatan Denpasar Utara seperti Puskesmas, KB, Pendidikan dan lain-lain. Pemerintah Kecamatan  Denpasar Utara saat ini dipimpin oleh seorang Camat yang bernama I Nyoman Lodra, SE.MSi. dilahirkan di Pemogan pada tanggal 31 Desember 1963.Struktur organisasi Kecamatan Denpasar Utara seperti termaktub dalam Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor : 12 Tahun 2004 memiliki 1 orang Sekretaris Camat, dan 5 Seksi yaitu Seksi Pemerintahan, Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa, Seksi Kesejahteraan Sosial, Seksi Ketentraman dan Ketertiban, dan Seksi Pelayanan Umum. Juga didukung oleh beberapa Unit Pelaksana Teknis seperti UPT Puskesmas I, II, III Denpasar Utara. Secara umum tugas Camat sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor 12 Tahun 2004 tentang Organisasi Kecamatan dan Kelurahan adalah menyusun langkah dan rencana, mengkoordinasikan, memfasilitasi dan mengevaluasi tugas-tugas dibidang pemerintahan, kemasyarakatan.


Facebook
Twitter