Jajak Pendapat
Apakah Informasi yang tersaji pada Website Kantor Camat Denpasar Utara, bermanfaat bagi Anda?
Profil

Potensi Kecamatan Denpasar Utara



Yang dimaksud dengan potensi Kecamatan adalah sumber daya alam, sumber daya penduduk, sumber daya kelembagaan, sumber daya sarana dan prasarana yang dapat mendukung pengembangan ekonomi wilayah Kecamatan.

  • Sumber Daya Alam

Sumber daya alam di Kecamatan Denpasar Utara dilihat dari luas wilayah sangatlah potensial. Diantaranya dibidang pertanian, perikanan, peternakan, dan Iain-lain. Penggunaan lahan sesuai dengan pemanfaatan disetiap desa sebagian besar dipakai sebagai lahan pertanian/sawah, tegalan dan pekarangan. Secara ekonomi Kecamatan Denpasar Utara masih berbasis pada sektor pertanian dan jasa perdagangan.

  • Sumber Daya Penduduk

Mobilisasi penduduk di Kecamatan Denpasar Utara sangat tinggi, dan memiliki potensi dalam sektor tenaga kerja. Dilihat dari jumlah penduduk Kecamatan yang begitu besar, maka sangat jelas faktor penduduk sangat menentukan arah dan kebijakan ekonomi. 

  • Sumber Daya Kelembagaan

Sumber daya kelembagaan yang dimaksud dalam hal ini adalah Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kelurahan/Desa. Disamping adanya kelembagaan yang lain yang berkembang di masyarakat dilihat dari tugas dan fungsinya. Beberapa lembaga terbentuk di Kelurahan/Desa dengan tujuan mendukung kebijakan Pemerintah serta keinginan untuk memajukan dan mengembangkan desanya. Lembaga-lembaga yang ada di Kelurahan/Desa antara lain Desa Pakraman, LPM, BPD, LSM dan lain-lain. Khusus untuk menangani masalah-masalah di bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan, dan Pembangunan,

Pemerintah Kelurahan/Desa dilengkapi dengan personil-personil yang melaksanakan tugas-tugasnya sesuai dengan topiknya. Berikut disajikan dalam tabel Jumlah Aparatur Pemerintahan Kelurahan/Desa yaitu Kepala Lingkungan/Dusun, Sekretaris, Kasi-kasi/Kaur-kaur dan tenaga administrasi lainnya.

Disamping tenaga dari aparatur Pemerintah Kelurahan/Desa, dalam melaksanakan tugas-tugasnya terutama yang menyangkut masalah kesehatan di Kecamatan Denpasar Utara, Dinas Kesehatan menempatkan Unit Pelaksana Teknis di semua Kecamatan, juga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat telah dibuka praktek Dokter dan bidan swasta yang pada dasarnya memiliki tujuan yang sama. Sehingga masyarakat merasakan program pemerintah daerah.

Sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Kota Denpasar, Camat Denpasar Utara juga telah melaksanakan kebijakan-kebijakan yang menjadi dasar pedoman dalam setiap pelaksanaan tugasnya, disamping itu pula dengan beberapa kewenangan yang dilimpahkan, Camat dalam hal ini berhak melakukan kegiatan-kegiatan yang positif sepanjang itu menjadikan dan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dalam setiap bulannya, Muspika Kecamatan Denpasar Utara melakukan pertemuan/rapat koordinasi dengan semua unit/instansi yang ada, serta duduk bersama dengan Kepala Kelurahan/Desa untuk mengambil langkah-langkah dan evaluasi dari program yang dijalankan.

Dilihat dari tenaga medis yang ada di Kecamatan Denpasar Utara secara kuantitas dianggap kurang memadai tetapi diharapkan.

  • Sumber Daya Sarana dan Prasarana

Di setiap Kelurahan/Desa di Kecamatan Denpasar Utara sudah terdapat prasarana kesehatan, meskipun ada yang masih kurang lengkap dan mungkin juga kurang memadai dibandingkan dengan kepentingan dan jumlah penduduk pada desa yang bersangkutan. 

Dalam bidang pertanian, seperti yang telah kita kenal bahwa yang mengatur keberadaan pengairan terdapat suatu organisasi tradisional Bali yang sudah terkenal yaitu Subak. Di Kecamatan Denpasar Utara sejidiri masih memiliki organisasi Subak. Subak yang ada sampai saat ini berjumlah 9, dan masih terus dipertahankan oleh semua masyarakat dan Pemerintah Daerah. Jumlah atau luas lahan pertanian yang menjadi bagian dari Subak itu mencapai 765 Ha. Kecenderungan penyempitan lahan pertanian akibat dari perkembangan penduduk dan perluasan lahan pemukiman. Dalam data yang telah dikumpulkan dan ditelaah dari tahun sebelumnya, luas lahan pertanian mengalami pengurangan. Melihat kenyataan ini Pemerintah Kecamatan Denpasar Utara bekerja sama dengan semua pihak yang ada selalu mengadakan pembinaan-pembinaan dan penyuluhan-penyuluhan. Dan dalam setiap tahunnya Pemerintah Propinsi Bali mengadakan lomba Subak dengan tujuan tetap mempertahankan tradisi budaya Bali yang adiluhung. Kecamatan Denpasar Utara selalu berpartisipasi mengikuti kegiatan dimaksud.


Facebook
Twitter